Laman

Sabtu, 26 Januari 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Penjaskes SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                      :    SMP Negeri 2 Kunjang
Mata Pelajaran                    :    Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                     :    VII (Tujuh )/1 (satu)
Standar Kompetensi            :    1.   Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               :  1.1 Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar dengan baik, dan nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

Indikator                              :   1.  Menendang, mengumpan, menggiring dan menahan   bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
                                                   2.  Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi
                                                  
Alokasi Waktu                       :  4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
a.  Peserta didik dapat menendang, mengumpan, menggiring dan menahan bola  menggunakan kaki :
-    Bagian dalam, dengan benar
-    Bagian luar, dengan benar
-    Telapak kaki, dengan benar
b.  Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi

B.  Materi Pembelajaran
            Permainan sepakbola
-    Menendang, mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki secara berpasangan atau berkelompok
-    Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.  Metode Pembelajaran
-    Cakupan                               Bagian dan keseluruhan
-    Timbal-balik                         Demonstrasi

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      1.  Pertemuan 1
-    Presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
-    Menendang, mengumpan, dan menggiring  bola  menggunakan kaki bagian dalam dan luar secara berpasangan dan kelompok
-    Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok
-    Evaluasi proses pembelajaran.
      2.   Pertemuan 2
-    Presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
-    Menendang, mengumpan,  menggiring  bola  menggunakan kaki bagian dalam,  luar dan punggung kaki, dan menahan bola dengan menggunakan telapak kaki, secara berpasangan dan kelompok
-    Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok
-    Evaluasi proses pembelajaran

E.  Sumber Belajar
-    Ruang terbuka yang datar dan aman           Tiang bendera
-    Gawang                                                        Buku teks
-    Bola                                                              Buku referensi
F.  Penilaian
      1.   Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar menendang, mengumpan,  menggiring  bola  menggunakan kaki bagian dalam  dan luar serta menahan bola dengan menggunakan telapak kaki
Keterangan:
Rentang nilai unjuk kerja antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
   Nilai =  ---------------------------------- X 50
                Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Mainkan permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati
   aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
               Keterangan:
   Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian  menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1

                              Jumlah skor yang diperoleh
               Nilai  =  ------------------------------------- X 30
                                 Jumlah skor maksimal
                       
-  Kuis (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola
Keterangan  :  Rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ---------------------------------- X 20
                            Jumlah skor maksimal

Nilai akhir yang diperoleh siswa  =
Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                       
Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4

1.  Sumber gerakan menendang/mengumpan dari pangkal paha, bentuk gerakan mengayun kaki ke depan arah bola
2.  Menendang/mengumpan menggunakan kaki bagian dalam, posisi pergelangan kaki diputar ke luar
3.  Menendang/mengumpan menggunakan kaki bagian luar, posisi pergelangan kaki diputar ke dalam
4.  Menendang/mengumpan menggunakan punggung kaki, posisi pergelangan kaki ditekuk ke bawah
5.  Bentuk gerakan kaki menahan bola mengikuti arah gerakan bola
6.  Menahan bola menggunakan dalam kaki, posisi pergelangan kaki diputar ke luar
7.  Menahan bola menggunakan luar kaki posisi kaki diputar ke dalam
8.  Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, pergelangan kaki diputar ke luar
9. Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar, pergelangan kaki diputar ke dalam
10. Menggiring bola menggunakan punggung kaki, pergelangan kaki diputar ke bawah




Jumlah

Jumlah Skor Maksimal  :  40



RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim

2.  Berani menembus pertahanan lawan

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati wasit

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

Jumlah

Jumlah Skor Maksimal  :  5




RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Bagaimana posisi pergelangan kaki kamu saat menendang dengan kaki bagian dalam?

2.  Di mana perkenaan bola yang benar pada kaki, saat melakukan tendangan dengan kaki bagian luar?

3.  Bagaimana posisi badan yang benar pada saat menendang?





Jumlah

Jumlah Skor Maksimal  :  12







                                                                                                Kediri , 16  Mei  2012

                                                                                                Penyusun,



                                                                                                RANI RIFKI
                                                                                                NIM. 11410025.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar